Perbedaan Kecepatan Jaringan 5G dan 4G, 100x Lipat!?

Apr 09, 2021 Hp Berita 140 hits

Perbedaan Kecepatan Jaringan 5G dan 4G, 100x Lipat!?

Perbedaan Kecepataan Jaringan 5G dan 4G

Dengan seiring perkembangan zaman, seluruh teknologi pun ikut serta dalam perkembangan zaman dengan meningkatkan kualitas yang akan disediakan untuk masyarakat.

Seperti halnya jaringan yang terdapat pada smartphone yang kita pakai, disaat kebanyakan orang di Indonesia masih menggunakan jaringan 4G, ternyata jaringan 5G sudah muncul di permukaan.

Diketahui bahwa banyak sekali perusahaan telekomunikasi yang sedang bersaing dalam peningkatan perangkat selulernya dengan menyediakan jaringan 5G agar tidak tertinggal.

Selama ini kita hanya mengetahui jaringan 4G, jadi seberapa cepat jaringan 5G yang sedang menjadi bahan perbincangan ini?

Terdapat beberapa perbandingan yang dilakukan antara jaringan 4G dan 5G, agar mengetahui apa perbedaan yang signifikan dari kedua jaringan dan apakah jaringan 4G dapat menggantikan jaringan 5G dan akan menjadi lebih baik?

Jaringan 5G memang dibuat dan dirancang untuk menjadi lebih canggih, lebih cepat, lebih efisien, dan lebih pintar dibandingkan dengan jaringan 4G.

Kecepatan dari jaringan 5G mencapai 10 Gbps, jaringan 4G tentunya tertinggal cukup jauh dengan kecepatan jaringan 5G. Sebab jaringan 5G lebih cepat dalam menyebarkan sinyal karena memiliki frekuensi yang tinggi, jadi dapat bekerja dengan cepat.

Dengan tingkat frekuensi yang tinggi, jaringan 5G dapat melakukan transfer data dengan cepat, berbeda dengan jaringan 4G yang cenderung lebih memakan waktu. Dari hal ini, dapat dilihat bahwa jaringan 5G lebih efisien.

Terdapat perbandingan antara jaringan 4G yang bersebelahan dengan jaringan 5G dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi Verizon asal Amerika Serikat.

Dalam perbandingan tersebut, terdapat fakta bahwa kecepatan download dari jaringan 4G hanya mencapai 27,9 Mbps, sedangkan jaringan 5G mencapai 634 Mbps.

Selain itu, kecepatan upload dari jaringan 4G mencapai 17,7 mbps, sementara jaringan 5G mencapai 23,7 mbps. Dilihat dari kedua fakta tersebut, cukup membuat banyak pihak menjadi sangat tertarik dengan jaringan 5G.

Perbandingan tersebut memiliki catatan yang perlu diketahui, perbandingan dilakukan di Amerika Serikat dengan jaringan seluler Verizon yang memiliki infrastruktur memadai dan mapan.

Jaringan 5G juga terlihat sangat stabil tanpa adanya gangguan. Banyak sekali masyarakat yang sudah menantikan jaringan 5G agar dapat digunakan di Indonesia. Kabarnya, jaringan 5G akan masuk ke Indonesia pada tahun 2021.




Beri Bintang:

Bagikan artikel ini:

Tinggalkan Komentar:

Artikel Terkait