Mediatek Menjadi Chipset HP Penjualan Terbanyak di 2020

May 03, 2021 Hp Berita 44 hits

Mediatek Menjadi Chipset HP Penjualan Terbanyak di 2020

Mediatek Menjadi Chipset HP Penjualan Terbanyak di 2020


Jika mendengar istilah chipset dalam handphone, nama pertama yang biasanya muncul pasti Qualcomm atau MediaTek. Keduanya memang selalu bersaing dalam penjualan chipset untuk hadphone yang paling terbaik di dunia.

Sedikit informasi, chipset merupakan hardware yang memiliki komponen penting untuk spesifikasi handphone, chipset sendiri memiliki ukuran kecil dan terdiri dari chip mikro.

Fungsinya yaitu mengatur kinerja dari suatu handphone, seperti mengatur prosesnya data, proses kamera, proses grafis, modem, dan lain lain yang berkaitan dengan berjalannya handphone.

Kembali pada topik pembicaraan awal, diketahui MediaTek selalu berada dibawah peringkat Qualcomm. Tetapi, dengan berbagai macam upaya yang dilakukan oleh MediaTek, akhirnya pun terbayarkan juga.

Di tahun 2020, MediaTek berhasil mendapatkan istilah vendor chipset terbesar, karena berhasil menyusul Qualcomm. Kejadian tersebut dialami oleh MediaTek pada kuartal ketiga tahun 2020, lebih tepatnya sekitar bulan Juli sampai September.


MediaTek memang dikenal sebagai chipset yang paling laris dikarenakan harganya murah jika dibandingkan dengan Qualcomm. Walaupun tergolong murah, tetapi tetap memiliki kemampuan yang sangat layak saing.

Chipset MediaTek juga mampu menjangkau seluruh wilayah utama untuk tujuan pemasaran yang berada di seluruh dunia.

MediaTek berhasil menyusul Qualcomm dengan alasan utamanya yaitu sukses menjual ponsel yang menggunakan chipset MediaTek di India dan Tiongkok dengan harga terjangkau.

Selain dikedua negara tersebut, MediaTek juga berhasil menjual ponsel di kawasan negara berkembang, yaitu di kawasan Amerika Latin dan kawasan Timur Tengah dan Afrika.

Selain itu, terdapat alasan lainnya yaitu dengan memanfaatkan kejadian yang terjadi pada Huawei. Sebab produk yang dikeluarkan Huawei mendapatkan kebijakan larangan untuk beredar dari Amerika Serikat.

Alasan lainnya yang membantu MediaTek mengalahkan Qualcomm, yaitu MediaTek dinyatakan menang dalam Original Equipment Manufacturer (OEM), diketahui MediaTek bersaing dengan Samsung, Honor, dan Xiaomi.

Berdasarkan riset dari Dale Gai (Direktur Riset Couterpoint) bahwa MediaTek terlihat meningkatkan kemampuan serta standar dari chipset menengahnya.

Peningkatan tersebut menghasilkan peningkatan daya tiga kali lebih banyak pada Xiaomi. Hal ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu tahun 2019.




Beri Bintang:

Bagikan artikel ini:

Tinggalkan Komentar:

Artikel Terkait